Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet (lembar kerja elektronik). Aplikasi ini menampilkan lembaran tabel yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi windows dan mac os. Cara menggunakannyapun mudah sehingga microsoft excel menjadi salah satu program komputer yang populer digunakan oleh pengguna komputer sampai saat ini.
Hal yang harus kita pelajari terlebih dahulu di microsoft excel ini ialah mengetahui dasar-dasar yang ada pada microsoft excel. Dan yang perlu kita ketahui yaitu rumus-rumus yang terdapat pada microsoft excel, guna rumus-rumus tersebut ialah agar mempermudah kita untuk mengerjakan pekerjaan kita misalnya seperti menghitung gaji pegawai,menghitung nilai siswa,dll.
Nah pada artikel kali ini saya akan mejawab soal dan latihan MS-Excel, langsung saja simak penjelasan kali ini....
1. Aritmatika Matematika Dasar
Yang pertama adalah fungsi aritmatika dasar yakni mempelajari tentang logika matematika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, persentase, serta pangkat dan akar kuadrat. Dengan tambahan menentukan nilai total, rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, dan jumlah item yang ada di range.
Jawaban:
a. Mencari Penjumlahan
Menulis rumus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=).
Disel D4 ketik =A4 + B4 lalu tekan enter, kemudian setelah dienter muncul nilainya sorot nilai tersebut sampai bawah (C17)
b. Mencari Pengurangan
Langkahnya masih sama seperti mencari penjumlahan
Disel D4 ketik =A4 - B4 lalu tekan enter, kemudian setelah dienter muncul nilainya sorot nilai tersebut sampai bawah (C17).
Untuk mencari perkalian, pembagian, dan persentase caranya masih sama seperti mencari penjumlahan dan pengurangan, keterangan sepertia dibawah ini:
- mencari perkalian : disel E4 ketik =A4 * B4 lalu tekan enter, kemudian jika sudah muncul nilainya sorot sampai ke sel E17
- mencari pembagian : disel F4 ketik =A4 / B4 lalu tekan enter, kemudian jika sudah muncul nilainya sorot sampai F17
- untuk mencari jawaban A*10% caranya masih sama seperti yg sebelumnya disel G4 ketik =A4 * 10% lalu tekan enter kemudian sorot kebawah
- untuk mencari jawaban A*20%, caranya masih sama seprti yang sebelumnya disel H4 ketik =A4 * 20% lalu tekan enter kemudian sorot kebawah
- untuk mencari jawaban B-(B*20%), caranya masih sama seperti yang sebelumnya disel I4 ketik =B4-(B4*20%) kemudian tekan enter kemudian sorot kebawah
Nah langkah selanjutnya yaitu mencari total, rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, dan jumlai item yang ada di range, berikut langkah-langkahnya:
- Untuk mencari total menggunakan rumus =SUM
seperti : disel C18 ketik =SUM lalu sorot C4-C17 (=SUM(C4:C17)) lalu tekan enter kemudian sorot kesamping kanan
-Untuk mencari rata-rata menggunakan =AVERAGE
seperti : disel C19 ketik =AVERAGE lalu sorot C4-C17 (=AVERAGE(C4:C17)) lalu tekan enter kemudian sorot kesamping kanan
-Untuk mencari nilai tertinggi menggunakan =MAX
seperti : disel C20 ketik =MAX lalu sorot C4-C17 (=AVERAGE(C4:C17)) lalu tekan enter kemudian sorot kesamping kanan
- Untuk mencari nilai terendah caranya sama seperti mencari nilai tertinngi bedanya hanya dirumus, kalau mencari nilai terendah menngunakan =MIN
- Mencari jumlah itempun caranya sama bedanya hanya dirumus, kalau mencari jumlah item menggunakan rumus =COUNT
Nah inilah hasil langkah-langkah diatas
Itulah tadi langkah-langkah memecahkan masalah di soal dan latihan MS-Excel No.1 Aritmatika Matematika Dasar
2. Aritmatika Matematika, SUM, AVERAGE, MIN, DAN MAX
Keterangan :
- Upah kerja (kotor) = Jam kerja x 25000
- Upah lembur = Jam lembur x 30000
- Total Upah = Upah kerja - Upah lembur
- Pajak = Total upah x 5%
- Total upah (Netto) = Total upah - pajak
Jawaban :
a. Mencari upah kerja (kotor)
untuk menjawabnya mengikuti keterang yang diatas yaitu jam kerja x 25000, setelah mengetik rumusnya tekan enter kemuadian sorot kebawah. lihat gambar dibawah ini!
b. Mencari upah lembur
untuk menjawabnya mengikuti keterang yang diatas yaitu jam lembur x 30000, setelah mengetik rumusnya tekan enter kemuadin kebawah. lihat gambar dibawah ini!
c. Mencari total upah
untuk menjawabnya mengikuti keterang yang diatas yaitu upah kerja-upah lembur, setelah mengetik rumusnya tekan enter kemuadian sorot kebawah. lihat gambar dibawah ini!
d. Mencari pajak
untuk menjawabnya mengikuti keterang yang diatas yaitu total upah x 5%, setelah mengetik rumusnya tekan enter kemuadian sorot kebawah. lihat gambar dibawah ini!
e. Mencari total upah (netto)
Untuk mencari total upah yaitu menggunakan rumus total upah - pajak seperti gambar dibawah ini, kemudian jika sudah muncul nilainya sorot kebawah.
f. Untuk mencari total upah seluruh karyawan, rata-rata, upah tertinggi karyawan, dan upah terendah karyawan caranya sama seperti soal yang sebelumnya.
- total upah seluruh karyawan
- mencari rata-rata seluruh karyawan
- mencari upah tertinggi karyawan
- mencari upah terendah karyawan
Nah inilah hsil dari langkah-langkah tersebut
Itulah tadi pemecahan soal dan latihan MS-Excel No.2 Aritmatika matematika, SUM, AVERAGE, MIN, DAN MAX
3. Fungsi IF Tunggal Dan IF Majemuk
Note :
- Grade : Grade A for Marks 90 – 100, Grade B for marks 80 – 89, Grade C for marks 70 – 79, Grade D for marks 60 – 69, Grade E for < 60
- Status : if grade > 75 is Complete, if grade < 75 is Failed
Jawaban :
h a. Mencari grade
b. Mencari status
Untuk mencari status mengikuti keterangan diatas,dan lihat gambar dibawah ini.
Nah itulah tadi langkah-langkah penyelesai soal dan latihan MS-Excel no.3
4. Fungsi Vlookup
Vlookup merupakan fasilitas dari Microsoft Excel yakni mengambil data yang
ada di tabel lain (tabel Array) berdasarkan data yang sesuai dengan tabel.
Selain Vlookup ada juga Hlookup, perbedaannya adalah VLOOKUP digunakan untuk
tabel secara Vertikal sedangkan HLOOKUP yaitu pemanggilan tabel array secara
Horizontal.
Jawaban :
a. Mencari Diskon
Untuk menghitung atau mengetahui diskon menggunakan fungsi Vlookup. Setelah mengisi formula di sel E4 copy formula atau drag hingga sel E9. Bentuk penulisan fungsinya yaitu, =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num).
Yang perlu anda ketahui lookup_value, diisi dengan nilai sebagai dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data. Table_array merupakan range data yang disusun tegak atau vertikal yang berfungsi sebagai tabel bantu yang akan dibaca. Col_index_num, nomor urut kolom untuk pembacaan tabel yang dimulai dari kolom paling kiri.
proses pengerjaan mencari diskon bisa anda lihat gambar dibawah ini!
b. Mencari Harga Jual
Untuk mencari harga jual caranya yaitu menggunaan rumus aritmatika dasar, yaa untuk mengerjakan soal ini yaitu menggunakan perkalian (*). Untuk mengetahui prosesnya lihat gambar dibawah ini!
Nah itulah tadi cara menyelesaikan soal dan latihan MS-Excel no.4
5. Kombinasi Vlookup Dan Hlookup
Note:
- · Untuk gaji sesuai dengan gologan berdasarkan tabel gaji
- · Total Gaji =Gaji Pokok+Tunjangan+Transportasi
- · Pajak=Total Gaji x Pajak
- · Gaji Bersih= Total Gaji – Pajak
Jawaban :
a. Mencari Gaji Pokok
Untuk menghitung gaji pokok gunakan fungsi vlookup di sel D9. Setelah mengisi formula disel D9, copy formula atau drag hingga sel D13. Bentuk penulisan fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu, =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num).
Yang perlu anda ketahui lookup_value, diisi dengan nilai sebagai dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data. Table_array merupakan range data yang disusun tegak atau vertikal yang berfungsi sebagai tabel bantu yang akan dibaca. Col_index_num, nomor urut kolom untuk pembacaan tabel yang dimulai dari kolom paling kiri.
Catatan: karena posisi “tabel gaji” yang akan dibaca diposisinya tetap, untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag tambahkan $, untuk mengabsolutkan sel/range. Proses pengerjaannya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini :
b. Mencari Tunjangan
Untuk menghitung tunjangan gunakan fungsi VLOOKUP di sel E9. Setelah mengisi formula di sel E9, copy formula atau drag hingga sel E13. Seperti gambar di bawah ini:
c. Mencari Transportasi
Gunakan fungsi VLOOKUP di sel F9. Setelah mengisi formula di sel F9, copy formula atau drag hingga sel F13. Lihat gambar di bawah ini, untuk hasilnya:
d. Mencari Total Gaji
Untuk mencari total gaji gunakan fungsi SUM di sel G9, penulisan rumusnya =SUM(D9:F9). Setelah mengisi formula di sel G9, copy formula atau drag hingga sel G13, kemudian copy ke bawah.
e. Mencari Pajak
Untuk menghitung pajak gunakan fungsi HLOOKUP di sel H9, copy formula atau drag hingga sel H13. Seperti gambar di bawah ini.
f. Mencari Gaji Bersih
Gunakan fungi SUM di sel i9 seperti ini =sum(G9-H9), copy formula atau drag hingga sel I13. Atau anda juga bisa gunakan perintah =G9-H9, kemudian copy atau drag ke bawah sampai sel I13.
Perintah terakhir adalah menghitung “total” masing-masing bagian yang telah Anda kerjakan sebelumnya, dengan menggunakan fungsi SUM di sel D14, copy formula atau drag ke samping kanan sampai ke I14. Hasil akhir semua pengerjaan di atas, bisa di lihat seperti gambar di bawah ini:
Inilah Hasil akhirnya
Demikianlah cara menyelesaikan soal dan latihan MS-Excel, semoga bermanfaat:)
Alhamdulillah bermanfaat bangett makasii yaa ilmunyaa 💟💞💟😘
BalasHapusTerimakasih, sungguh membantu sekali
BalasHapushttp://gbr-ok.blogspot.com
http://matematikamod.blogspot.com
http://republikkepo.blogspot.com
http://matematika-onlline-sma.blogspot.com
Terimakasih sangat membantu sekali
BalasHapusAlhamdulillah sangat bermanfaat ilmunya bagi kami, terima kasih
BalasHapusTerimakasih banyak yah kak, sangatt membantu
BalasHapus